Apakah Bisa dan Boleh Mengubah Tanda Tangan di e-KTP? - Quezzen

Sabtu, 09 Oktober 2021

Apakah Bisa dan Boleh Mengubah Tanda Tangan di e-KTP?

Banyak yang bertanya apakah tanda tangan bisa diganti? Ya tanda tangan sebetulnya sangat mungkin sekali bisa diganti di beberapa dokumen termasuk dokumen KTP atau juga SIM. Tapi tentunya memang ada beberapa syarat ketentuan yang harus dipenuhi termasuk juga konsekuensi yang mungkin bisa anda dapatkan jika mengubah itu semua.

Apakah Bisa dan Boleh Mengubah Tanda Tangan di E-Ktp?

Pemerintah melalui disdukcapil sebetulnya memiliki kebijakan untuk membantu warganya mengubah data yang ada di KTP termasuk juga tanda tangan. Tapi tentunya juga ga ada beberapa kebijakan tertentu tentang ganti tanda tangan KTP 2021. Biasanya anda harus datang langsung, beda dengan prosess daftar pkh online yang bisa dari mana saja.

Cara Mengganti Tanda Tangan di KTP

Jika Anda memang berencana dan yakin untuk mengganti tanda tangan di eKTP, maka kemudian yang harus di lakukan adalah beberapa proses. Ada beberapa proses dan prosedur yang mengharuskan anda untuk bisa lakukan. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Tentukan alasan logis

Pertama Anda harus Tentukan terlebih dahulu alasan logis Kenapa harus mengubah tanda tangan. Tentu mungkin Anda memiliki banyak alasan mulai dari bosan dengan tanda tangan itu, ataupun juga mungkin nggak mau mirip dengan tanda tangan orang lain dan lain sebagainya.

2. Datang ke kantor Kelurahan atau disdukcapil

Selanjutnya Anda bisa datang ke kantor desa atau kelurahan atau juga Kecamatan dan juga disdukcapil dimana perekaman e-ktp dilakukan. Hal itu memang akan sangat bergantung pada setiap daerah yang mengerjakan projek e-ktp.

3. Ceritakan tujuan dan keinginan

Anda bisa ceritakan langsung tujuan dan keinginan anda mengubah data apa saja yang ada di atas e-ktp. Pastikan untuk anda Anda juga memberikan informasi bukti pendukung ataupun juga alasannya.

4. Surat pernyataan ganti tanda tangan di e-ktp

Selanjutnya ada diharuskan untuk menandatangani surat pernyataan tentang ganti tanda tangan di KTP. Biasanya surat tersebut ada yang sudah disiapkan di pihak kelurahan atau pun juga Anda harus buat sendiri.

5. Tunggu proses tanda tangan ulang

Anda diharuskan untuk melakukan proses tanda tangan ular di di alat yang sudah disiapkan. Ini juga masuk dalam proses perekaman ulang yang mungkin diperlukan oleh pihak petugas.

6. Tunggu e-ktp baru selesai dicetak

Nanti e-ktp baru tinggal kemudian Anda tunggu saja sampai selesai dicetak. Biasanya ada yang bisa dibawa langsung, ada juga yang mengharuskan anda untuk menunggu beberapa hari untuk pencetakan selesai dan bisa diambil.

Lalu Apakah Boleh Mengubah Tanda Tangan?

Sebetulnya boleh saja anda mengubah tanda tangan. Tapi memang sangat disarankan untuk tidak melakukan itu jika sudah dewasa. Saya jika anda mengubah tanda tangan maka tanda tangan KTP beda dengan ijazah. KTP memang bisa dirubah, tapi tanda tangan ijazah tentu sama sekali tidak bisa. Karena ijazah hanya diterbitkan satu kali seumur hidup.

Hal ini juga akan sangat berbahaya dengan beberapa dokumen lain yang mungkin anda tandatangani. Ketika tanda tangannya berubah atau berbeda, mungkin tingkat keabsahan dan juga keakuratan sebuah surat atau dokumen tidak lagi dipercaya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top