Mengapa Kebutuhan Manusia Semakin Beraneka Ragam? - Quezzen

Jumat, 15 Juli 2022

Mengapa Kebutuhan Manusia Semakin Beraneka Ragam?

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat lepas dari saling membutuhkan satu sama lain. Ini mutlak ketika pertama kali dilahirkan ke dunia, manusia membutuhkan peran manusia lain untuk tumbuh dan berkembang. Selain sebagai makhluk sosial, manusia juga disebut sebagai makhluk individu. Makhluk individu yang dimaksud disini adalah bahwa setiap manusia memiliki hak atas dirinya sendiri dalam memutuskan segala hal dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. 

Apabila kita lihat, manusia dulu dan sekarang tentu sangat jelas berbeda. Tidak hanya dari segi religi dan budaya, manusia saat ini memiliki kebutuhan yang semakin beraneka ragam dibandingkan dengan manusia yang hidup beberapa tahun ke belakang. 

Mengapa Kebutuhan Manusia Semakin Beraneka Ragam?

Alasan Kebutuhan Manusia Semakin Beraneka Ragam

Ada banyak yang menanyakan Mengapa kebutuhan manusia semakin beraneka ragam? Adapun jawaban untuk pertanyaan mengapa kebutuhan manusia semakin beragam menurut quezzen adalah karena seiring dengan perkembangan zaman, manusia saat ini semakin konsumtif. Barang-barang yang mereka beli saat ini bukanlah lagi barang yang hanya mereka butuhkan melainkan lebih banyak barang yang mereka inginkan. 

Era globalisasi banyak mempengaruhi manusia dalam segala hal. Tidak hanya mempengaruhi soal pola pikir, globalisasi juga sangat mempengaruhi habbit atau kebiasaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, mulai dari pola makan hingga gaya hidup yang semakin tinggi. 

Manusia saat ini lebih mengedepankan gengsi diatas segalanya. Mereka seakan ingin mendapatkan pengakuan bahwa mereka mampu bersaing satu sama lain dan mengikuti gaya hidup yang tinggi. Tidak hanya itu, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang untuk lebih bersipat konsumtif, misal ingin diterima dalam kelompok, tidak ingin dikucilkan, dan lain sebagainya. 

Bahkan saat ini banyak sekali orang yang ingin berpenampilan mencolok dan dibilang mengikuti trend sampai mau dan rela melakukan apapun untuk memuaskan hasratnya. 

Jadi kesimpulan untuk pertanyaan di atas adalah karena memang manusia saat ini lebih mengutamakan keinginan-keinginan gaya hidup tinggi dibandingkan dengan kebutuhan yang terbilang cukup mudah didapatkan. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top