Alasan Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Tuhan? - Quezzen

Kamis, 21 Juli 2022

Alasan Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Tuhan?

Bersyukur merupakan suatu Ungkapan rasa terima kasih atas suatu hal yang cenderung menyenangkan hati dan membuat kita nyaman. Pada umumnya, konteks bersyukur biasa dikaitkan dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan banyak hal kepada Kita sebagai manusia. 

Dengan demikian, ketika kita dianugerahkan banyak hal oleh Tuhan, maka otomatis Kita wajib bersyukur pada Tuhan maha Esa. Pujian dan rasa syukur sudah seharusnya kita haturkan kepada sang Pencipta langit dan bumi. Ada banyak sekali alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan. Simak penjelasan di bawah ini. 

Alasan Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Tuhan?

Alasan Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Tuhan? 

Ada banyak sekali alasan mengapa kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan. Beberapa alasannya menurut quezzen adalah sebagai berikut: 

1. Akan ditambahkan lebih banyak kenikmatan.  

Salah satu janji Tuhan kepada manusia yang selalu bersyukur adalah Tuhan akan senantiasa menambahkan lebih banyak lagi kenikmatan dan kebaikan dalam hidup kita. Jadi, apabila kita ingin lebih bahagia, lebih berkah dan melimpah harta, maka ada baiknya kita harus senantiasa bersyukur terhadap apa yang Tuhan berikan kepada kita saat ini untuk kemudian hari mendapatkan kenikmatan yang lebih banyak dan lebih besar dari Tuhan Yang Maha Esa. 

2. Menghindarkan diri dari sifat serakah

Dengan adanya rasa syukur yang terdapat pada diri kita, otomatis kita akan terhindar dari sifat serakah. Tuhan tentu tidak menyukai orang yang serakah, terlebih mengambil hak milik orang lain. Dengan demikian, rasa syukur bisa menjaga kita dari hal yang berlebih-lebihan dan sifat yang selalu tidak berpuas diri mengenai apa yang kita dapatkan dari Tuhan. 

3. Menenangkan hati

Sifat syukur terhadap Tuhan juga dapat menenangkan hati. Dalam hal ini kaitannya dengan setiap manusia tentu akan memiliki ujiannya masing-masing, baik itu ujian berat maupun ujian ringan. Akan tetapi apabila dalam hati dan diri kita terdapat rasa syukur, maka kita akan melihat segala hal "buruk" yang terjadi pada diri kita sebagai sebuah peristiwa yang mengandung Hikmah. Otomatis hal tersebut akan membuat hati kita lebih lapang dan tetap bersyukur terhadap segala hal yang Tuhan anugerahkan. 

4. Merupakan suatu kewajiban

Alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan adalah Memang karena bersyukur merupakan suatu kewajiban yang harus ditaati dan dilaksanakan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, tapi memang semua yang Tuhan Anugerahkan kepada kita wajib kita syukuri. Ada banyak sekali nikmat yang sangat luar biasa yang tidak bisa kita hitung satu-persatu yang harus selalu kita syukuri dan haturkan pujian kepada Tuhan. 

5. Terhindar dari kufur nikmat

Selain bersyukur merupakan sebuah kewajiban, bersyukur juga dapat menghindarkan kita dari kufur nikmat. Dengan rasa syukur yang terdapat pada hati dan jiwa kita, maka kita akan terhindar dari rasa tidak mendapat kenikmatan dari Tuhan. Untuk menghindarkan diri dari kufur nikmat, Alangkah baiknya bagi kita untuk senantiasa bersyukur terhadap setiap hal yang yang telah Tuhan berikan secara gratis dan cuma-cuma. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top