Mengapa Cuplikan Teks Tersebut Persuasif? jelaskan! - Quezzen

Rabu, 01 Juni 2022

Mengapa Cuplikan Teks Tersebut Persuasif? jelaskan!

Teks persuasif adalah sebuah teks yang isinya berupa ajakan, himbauan, bujukan, larangan, pengaruh, saran, hingga sebuah perintah kepada para pembaca untuk melakukan suatu hal yang sesuai dengan tujuan dan misi penulis teks tersebut. 

Adapun fungsi dari teks persuasif ini adalah untuk menyampaikan ajakan, pendapat, saran, hingga untuk mempertimbangkan tentang berbagai topik dan permasalahan serta isu yang tengah viral di masyarakat. 

Sedangkan ciri-ciri persuasif ini biasanya berisikan mengenai data yang valid serta fakta yang sesuai. Hal tersebut tentu dibuat dengan tujuan untuk meyakinkan para pembaca. 

Tidak hanya itu, data valid pada teks persuasif juga dibuat untuk menghindari konflik sebagai dampak dari tulisan tersebut.

Mengapa Cuplikan Teks Tersebut Persuasif?

Mengapa Cuplikan Teks Tersebut Persuasif? Jelaskan! 

Adapun apabila anda telah mendapatkan pertanyaan mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan! Maka jawabannya menurut quezzen jelas sebagai berikut: 

Suatu teks dapat disebut atau dikategorikan sebagai teks persuasif disebabkan karena teks tersebut bersifat mengajak, melarang, menyarankan, hingga mengemukakan pendapat kepada para pembaca untuk mengikuti opini yang diisyaratkan oleh penulis teks bersangkutan. 

Adapun teks persuasif ini banyak dikenal sebagai bujukan atau rayuan secara halus dengan kata-kata dan data yang disajikan serta ditunjukkan agar pembaca semakin yakin, kemudian mempercayainya, hingga menjadi pengikutinya. 

Jadi, sudah jelas bahwa suatu teks yang memiliki ciri-ciri seperti diatas, maka dapat disebut sebagai teks persuasif. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top