Kenapa Orang Makan dengan Tangan Kanan? - Quezzen

Senin, 09 Mei 2022

Kenapa Orang Makan dengan Tangan Kanan?

Pada saat makan terutama umat muslim biasanya disunnahkan untuk menggunakan tangan kanan. Lagu yang jadi pertanyaan adalah kenapa orang makan dengan tangan kanan?

Disunnahkannya penggunaan tangan kanan ini pasti ada banyak sekali faktor. Dalam hal ini tentu ada banyak manfaat yang kemudian bisa didapatkan oleh kita sebagai manusia.

Hal itu kemudian dilakukan juga beberapa riset sehingga ditemukan informasi mengenai berbagai keuntungan makan dengan menggunakan tangan kanan dibandingkan dengan kiri.

Kenapa Orang Makan dengan Tangan Kanan?

Alasan Kenapa Orang Makan Dengan Tangan Kanan

Kalau ditanya tentang alasan kenapa orang makan dengan tangan kanan, maka kemudian ada berbagai faktor sekaligus juga alasan yang dimaksud. Langsung saja simak penjelasan quezzen.com, berikut adalah diantaranya sebagai berikut:

1. Disunahkan oleh Rasul

Alasan yang pertama adalah karena memang makan dengan menggunakan tangan kanan ini menjadi salah satu sunah. Artinya memang disunahkan oleh Rasul dimana nabi juga melakukan hal yang sama.

Adapun salah satu hadis yang menerangkan tentang pentingnya makan dengan menggunakan tangan kanan adalah sebagai berikut:

"Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan" (Hadits RH. Muslim)

2. Manfaat untuk kesehatan

Berdasarkan riset yang dilakukan ternyata banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan saat makan menggunakan tangan kanan. Apalagi saat kita makanan dengan menggunakan tangan karena dibagian jari sebelah kanan mulai dari ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah itu memiliki enzim khusus bernama enzim RNase.

Enzim tersebut ternyata memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik salah satu diantaranya untuk menekan aktivitas bakteri pathogen yang ada pada tubuh. Jadi lebih lanjut banyak manfaat yang didapatkan untuk kesehatan dengan makan menggunakan tangan kanan ini diantaranya:

  • Memperlancar dan menyehatkan pencernaan
  • Mengurangi resiko diabetes
  • Membantu mempertahankan porsi makanan
  • Lindungi mulut
  • Meningkatkan sirkulasi darah

Jadi ternyata Rasul menyerahkan agar supaya umatnya makan dengan menggunakan tangan kanan bukan tanpa alasan. Ada alasan penting lain makan dengan tangan kanan itu baik, juga ternyata ada manfaat untuk kesehatan. Jadi begitulah jawaban atas pertanyaan kenapa orang makan dengan tangan kanan tersebut.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top