Kenapa NISN Tidak Ditemukan? Oh Ini Penyebabnya! - Quezzen

Kamis, 19 Mei 2022

Kenapa NISN Tidak Ditemukan? Oh Ini Penyebabnya!

Setiap siswa dari berbagai sekolah di Indonesia memiliki nomor induk sendiri. Nomor induk tersebut disebut dengan NISN atau singkatan dari nomor induk siswa nasional. Data NISN lengkap bisa kita lakukan pengecekan melalui website milik Kemendikbud.

Akan tetapi beberapa di antaranya ada yang mengalami masalah. Salah satunya NISN tidak ditemukan. Nah yang jadi pertanyaan adalah kenapa nisn tidak ditemukan?

Kenapa NISN Tidak Ditemukan?

Portal untuk Mengecek NISN

Proses pengecekan NISN sebetulnya bisa dilakukan melalui website khusus. Salah satu website yang bisa kita gunakan untuk melakukan pengecekan Apakah siswa terdaftar atau tidak adalah melalui:

https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Proses dan cara pengecekannya sendiri bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Kita hanya perlu memasukkan nomor NISN beserta nama ibu kandung. Lalu setelah itu menceklis kode captcha dan Klik tombol "cari".

Penyebab Kenapa NISN Tidak Ditemukan

Apabila data siswa saat dicek itu ternyata tidak ada pada halaman nisn, maka bisa saja disebabkan oleh beberapa faktor. Nah disini quezzen akan ulas beberapa faktor kenapa nisn tidak ditemukan.

1. Data belum di-input

Bagi para siswa baru tentunya mungkin menjadi salah satu hal yang wajar jika NISN belum ada. Pasalnya memang itu membutuhkan proses untuk dilakukan proses input oleh pihak petugas di sekolah.

2. Salah menginput data

Mungkin saja pihak sekolah salah dalam melakukan input data. Misalnya ada salah satu pilihan variabel yang kemudian salah dimasukkan data siswanya sehingga kemudian tidak muncul NISN atas nama siswa tersebut.

3. NISN Ganda

Kemudian faktor penyebab selanjutnya mungkin saja karena ada kesalahan memasukkan data berkali-kali. Ataupun mungkin data 1 siswa dengan 1 siswa lainnya akhirnya kemudian sama datanya. Kalau memang datanya ganda, biasanya memang error dan akhirnya tidak muncul data nisn tersebut.

Nah jadi jangan khawatir itulah beberapa faktor penyebab tentang kenapa nisn tidak ditemukan. Solusi yang bisa dilakukan tentu harus pergi ke operator sekolah, merekalah yang kemudian paham dan mengerti Bagaimana cara memperbaiki data nisn tersebut.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top