Kenapa Hati Gelisah dan Tidak Tenang? - Quezzen

Minggu, 08 Mei 2022

Kenapa Hati Gelisah dan Tidak Tenang?

Apakah anda pernah mengalami hati gelisah? Hal ini memang menjadi salah satu masalah pada hati manusia. Bahkan beberapa diantaranya menyebutkan ini sebagai salah satu penyakit hati. Lalu yang menjadi pertanyaan kenapa hati gelisah dan tidak tenang?

Pastinya ada banyak faktor yang menyebabkan hati kita menjadi gelisah terus dan tidak tenang. Dalam artikel ini, kita akan membahas seputar faktor penyebab hati gelisah dan tidak tenang berdasarkan berapa pandangan.

Salah satu pandangan yang paling sering adalah berdasarkan pandangan agama. Dalam hal ini pandangan agama yang digunakan adalah pandangan agama Islam yang memberikan pencerahan soal hati gelisah.

Kenapa Hati Gelisah dan Tidak Tenang?

Penyebab Kenapa Hati Gelisah dan Tidak Tenang

Ada berbagai pilihan faktor penyebab kenapa hati gelisah dan tidak tenang. Beberapa faktor penyebab tersebut menurut quezzen memang dianggap sebagai hal yang perlu dibersihkan. Dengan membersihkan masalah penyebabnya, maka hati kita akan kembali tenang.

Apa saja faktor penyebab yang membuat hati gelisah dan tidak tenang atau tidak menentu itu? Berikut adalah diantaranya:

1. Kurang bersyukur

Salah satu faktor penyebab pertama adalah karena kurangnya bersyukur. Banyak diantaranya yang selalu gelisah karena tidak bersyukur atas apa yang sudah diberikan tuhan kepadanya.

2. Tidak sabar menghadapi ujian

Setiap hidup pasti akan ada ujian. Dalam hal ini banyak diantaranya yang kemudian tidak tenang karena mendapatkan ujian tersebut bahkan selalu gelisah. Padahal obatnya hanya sabar menerima ketetapannya.

3. Menganggap Tuhan tidak adil

Menganggap Tuhan sebagai pihak yang tidak adil memberikan cobaan atau lain sebagainya, hal itu juga bisa jadi faktor penyebab hati kita tidak tenang. Padahal sebetulnya memang Tuhan pasti akan selalu adil terhadap makhlukNya.

4. Tidak mengerjakan perintahnya

Kemudian faktor penyebab selanjutnya karena mungkin kita sebagai makhluk tidak mengerjakan perintah yang diberikan oleh Tuhan. Hanya untuk umat Islam perintah salat wajib lima waktu dan banyak yang kemudian tidak dikerjakan.

5. Melanggar larangannya

Karena memang tidak mengerjakan perintah Tuhan, maka banyak juga diantaranya yang melanggar larangannya. Melanggar larangan yang sudah Tuhan tetapkan seringkali juga bisa menjadi kita tidak tenang Karena dihantui rasa bersalah.

Jadi setidaknya memang itulah beberapa faktor penyebab kenapa hati gelisah dan tidak tenang. Solusinya adalah dengan kembali beristighfar dan juga perkuat kembali keyakinan kepada Tuhannya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top