Bagimana Cara Berdebat dengan Benar? - Quezzen

Senin, 30 Mei 2022

Bagimana Cara Berdebat dengan Benar?

Berdebat atau dengan kata lain adu argumen adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat orang lain. Adapun berdebat harus disampaikan dengan disertai alasan yang kuat agar argumen yang diungkapkan dapat bertahan dan menang. 

Berdebat sendiri memiliki tujuan untuk melatih keberanian dan menguatkan mental saat mengemukakan pendapat di muka umum. Selain itu, berdebat juga dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan dalam mengkritisi pendapat orang lain atau orang yang menjadi lawan debat. 

Bagaimana cara berdebat dengan benar?

Bagimana Cara Berdebat dengan Benar?  

Berdebat dihadapan umum tentu memiliki aturan yang harus diikuti, ditaati serta diterapkan. Berdebat tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan atau dengan bahasa yang tidak sesuai agar terhindar dari adanya permusuhan dan perpecahan pasca dilaksanakan debat. Berikut aturan-aturan quezzen yang harus ditaati dan diterapkan ketika berdebat: 

1. Mempetakan gagasan terlebih dahulu 

Satu hal yang wajib kamu Siapkan sebelum memulai debat adalah lebih dulu memetakan semua Gagasan dan ide yang akan kamu sampaikan. Hal ini sangat penting guna untuk menghindari lupa dan untuk mengefisienkan gagasan dan waktu.

2. Jangan keluar dari topik permasalahan 

Hal Selanjutnya yang harus dilakukan dan diingat dalam berdebat adalah untuk tidak keluar dari topik permasalahan yang sedang dibahas. Hal ini penting agar masalah tidak melebar dan membesar sehingga tidak proporsional. Pastikan topik perdebatan selalu dalam tema yang tengah dibahas. 

3. Menghindari penggunaan bahasa atau istilah yang tidak mudah dimengerti 

Dalam berdebat, ada baiknya untuk menghindari penggunaan bahasa atau istilah yang tidak mudah dimengerti. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang baku agar semua Gagasan dan pendapat dapat dimengerti dan dicerna oleh semua kalangan. 

4. Jangan bertele-tele 

Apabila Tengah menyampaikan pendapat, gagasan atau ide maka ada baiknya untuk langsung berbicara pada intinya, hindari penggunaan narasi yang akan membuang-buang waktu. Sebaiknya langsung sampaikan dengan bahasa yang padat, baku dan jelas. 

5. Gunakan nada bicara yang tidak terlalu tinggi 

Intonasi yang terlalu tinggi mungkin akan merusak mood beberapa orang. Jadi, ketika melakukan debat, selain menggunakan bahasa yang sopan, ada baiknya menggunakan nada bicara atau intonasi yang tidak terlalu tinggi agar tidak menjadi penyulut emosi dari lawan debat. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top