Mengapa Kita Tidak Boleh Sombong? - Quezzen

Rabu, 23 Maret 2022

Mengapa Kita Tidak Boleh Sombong?

Sombong atau tinggi hati, congkak, angkuh, arogan, takabur, dan atau besar kepala dapat didefinisikan sebagai suatu perasaan atau emosi dalam hati yang mengacu pada tingkah laku. Baahkan juga sifat yang cenderung mengagungkan serta membesarkan diri sendiri sebagai orang yang paling unggul dibandingkan dengan yang lain.

Dengan demikian, tentu sebagai manusia yang beriman kita harus menjauhi sifat sombong dan besar kepala.

Mengapa Kita Tidak Boleh Sombong?

Mengapa Kita Tidak Boleh Sombong?

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa kita tidak boleh sombong, ulasannya sebagai berikut.

1. Segala hal yang kita punya adalah titipan sang pencipta.

Alasan pertama mengapa kita tidak boleh sombong adalah karena segala hal yang kita punya adalah titipan dari Allah SWT. Memiliki wajah yang rupawan, memiliki kecerdasan yang luar biasa, dan atau memiliki harta yang melimpah, tidak boleh menjadi alasan untuk kita memiliki sifat sombong dan angkuh. Hal demikian karena sesuatu yang kita punya saat ini adalah titipan dari Allah. Jadi, kapan saja Allah dapat mencabut nikmat tersebut. Hal yang harus kita lakukan adalah menjaga segala yang kita punya dengan sebaik-baiknya, serta menjauhi segala sifat tercela termasuk menyombongkannya.

2. Di atas langit masih ada langit.

Hal yang harus kita ingat ketika ingin menyombongkan diri adalah bahwa diatas langit masih ada langit. Jangan pernah merasa paling unggul dalam satu hal, karena nyatanya adalah bahwa diatas kita masih ada yang lebih unggul dari apa yang tengah kita miliki saat ini.

3. Sombong merupakan akhlak tercela.

Selanjutnya adalah sombong merupakan akhlak tercela. Alasan mengapa kita tidak boleh sombong adalah karena sifat angkuh dan sombong ini merupakan akhlak tercela yang dibenci Allah SWT. Dengan demikian kita harus menjauhi dan menghindarkan diri dari segala akhlak tercela yang dilarang oleh Allah SWT.

4. Mendapatkan dosa.

Karena sifat sombong merupakan akhlak tercela dan dilarang oleh Allah SWT. Maka otomatis apabila kita menyombongkan diri akan mendapatkan dosa dan balasan dari Allah SWT.

5. Akan dijauhi teman.

Semua orang tentu tidak menyukai orang yang memiliki sifat sombong dan angkuh, tak heran bila orang yang sombong akan dijauhi oleh teman dan bahkan mungkin bisa tidak memiliki teman satu-pun. Dengan demikian, apabila kita ingin memiliki banyak teman, maka kita harus menjauhkan diri dari sifat congkak dan sombong.

6. Menabung keburukan untuk diri sendiri.

Yang terakhir adalah menabung keburukan untuk diri sendiri. Sebagaimana kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Hal tersebut jelas tercantum dalam Alquran dan hadis. Jadi, ketika kita memiliki sifat sombong, maka tidak lain hal tersebut akan membawa keburukan untuk diri kita sendiri tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top