Siapakah Pencipta Lagu Hymne Satya Darma Pramuka? - Quezzen

Rabu, 23 Februari 2022

Siapakah Pencipta Lagu Hymne Satya Darma Pramuka?

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 agustus oleh seluruh anggota pramuka karena merupakan hari pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Kwartir Nasional Pramuka Pada tahun 1961 yang lalu. Dengan demikian Tahun 2022 ini, pramuka akan mencapai usia 61 tahun. 

Pramuka di Indonesia sudah ada dan berdiri sejak tahun 1912 pada masa Hindia Belanda dengan nama Nederlandsche Padviders Organisatie (NPO) yang merupakan organisasi Pramuka milik Belanda. Sampai kini banyak hal yang ada dalam pramuka baik logo seperti tkk purwa dan lainnya.

Hingga pada tahun 1916, Mangkunegara VII mendirikan sebuah organisasi kepanduan pertama di Indonesia yang diberi nama Jawaanche Padvinders Organisatie (JPO). Kemunculan JPO ini menjadi pemicu munculnya organisasi kepanduan lain di Indonesia seperti Pandoe Pemoeda Sumatera (PPS) dan organisasi kepanduan lainnya. 

Pencipta Lagu Hymne Satya Darma Pramuka

Akan tetapi organisasi kepanduan ini membuat belanda melarang untuk menggunakan istilah Padvinder, dengan demikian KH. Agus Salim merubah istilah Padvinder menjadi kata Pandu atau kepanduan. 

Sejak Presiden Soekarno pertama kali memperkenalkan Pramuka, muncul pula lagu Hymne Pramuka yang berjudul Hymne Satya Darma Pramuka. Lagu hymne Satya Darma Pramuka ini juga menjadi lagu wajib nasional yang pertama kali diciptakan pada tahun 1964. 

Siapakah Pencipta Lagu Hymne Satya Darma Pramuka? 

Lagu hymne Satya Darma Pramuka diciptakan oleh seorang ajudan Presiden Soekarno yang bernama H Mutahar atau Husein Mutahar. 

Berikut lirik "Hymne Satya Darma Pramuka" 

Cipt. H Mutahar 

Kami, pramuka Indonesia 
Manusia Pancasila 
Setiaku, kudarmakan 
Darmaku, kubaktikan 
Agar jaya, Indonesia 
Indonesia tanah airku 
Kami jadi pandumu

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top