Kenapa Harus Melakukan Olah Tubuh? Berikut Manfaatnya! - Quezzen

Jumat, 25 Februari 2022

Kenapa Harus Melakukan Olah Tubuh? Berikut Manfaatnya!

Kegiatan melakukan olah tubuh sangat dipentingkan terutama bagi para penari atau pentas teater. Jadi salah satu gerak dasar atau hal dasar yang wajib dilakukan oleh para penari atau para pelaku seni teater adalah melakukan olah tubuh.

Apa Itu Olah Tubuh?

Olah tubuh merupakan latihan bergerak dengan melakukan dasar-dasar gerak yang meliputi 3 kegiatan yaitu yang pertama adalah pemanasan, kemudian yang kedua dilanjutkan dengan olah tubuh inti, dan yang terakhir adalah pendinginan. 

Olah tubuh ini sangat penting sebagai upaya perubahan energi terutama bagi para pementas seni baik untuk kegiatan para penari maupun pemain teater.

Apa Manfaat Olah Tubuh?

Adapun manfaat dari olah tubuh ini banyak sekali, terutama untuk kegiatan menari. Olah tubuh dapat menciptakan kekuatan, ketahanan, dan kelenturan tubuh. Hal ini tentu sangat penting agar terciptanya gerakan yang indah, elok dan sesuai dengan gerakan yang dibutuhkan dalam pertunjukan Tari yang akan dipentaskan.

Tidak hanya itu, manfaat dari olah tubuh ini dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh, rangsangan pada tubuh semakin meningkat, daya tangkap gerak semakin tinggi, menekan kemalasan dalam gerak, hingga mempunyai kemampuan gerak yang semakin tinggi.

Bagaimana Teknik Olah Tubuh?

Teknik olah tubuh ini bertujuan untuk membuat tubuh tidak kaku. Adapun teknik olah tubuh ini dibagi menjadi beberapa bagian. bagian pertama adalah gerakan kepala, yang kedua gerakan kaki, yang ketiga adalah gerakan tangan, yang keempat adalah gerakan pinggul, kemudian yang terakhir adalah gerakan badan keseluruhan. Pada teknik olah tubuh ini di kedepankan tentang bagaimana agar tangan, kaki, pinggul, kepala dan bahkan seluruh badan dapat melakukan gerakan yang lentur serta tidak kaku.

Dengan melakukan kegiatan olah tubuh, otak secara tidak langsung akan termotivasi untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Dengan latihan secara teratur, selain meningkatkan ketahanan serta kelenturan fisik, olah tubuh akan menghasilkan interaksi pada tubuh itu sendiri. 

Dengan begitu, maka akan bisa menimbulkan kepekaan yang tinggi terhadap objek atau subjek yang ada di sekitar kita.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top