Bagaimana Mengatasi Konflik dengan Pasangan? - Quezzen

Sabtu, 02 Juli 2022

Bagaimana Mengatasi Konflik dengan Pasangan?

Dalam setiap hubungan pasti adakalanya mengalami masalah atau konflik. Hubungan yang terjalin lama dan banyak kesamaan tidak menjamin akan terhindar dari masalah dan konflik. Akan tetapi, satu hal yang harus disepakati untuk membuat hubungan awet adalah harus sama-sama belajar mengatasi dan menyelesaikan konflik yang tengah terjadi tersebut. 

Biasanya, ketika kita sedang emosi tentu kita tidak dapat berpikir jernih dan bahkan bisa mengambil keputusan yang dapat membuat kita rugi kedepannya. Dengan demikian, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan atau menyesal di kemudian hari, maka ada baiknya ketika kita sedang mengalami masalah dengan pasangan, lebih baik untuk tetap diam dan menenangkan diri dahulu. 

Bagaimana Mengatasi Konflik dengan Pasangan?

Cara Mengatasi Konflik dengan Pasangan

Adapun hal lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi konflik dengan pasangan adalah segera komunikasikan dengan bijak dan dengan kepala dingin. Usahakan salah satu dari pasangan untuk mengalah agar terhindar dari pertikaian yang berkepanjangan yang bisa menyebabkan perpisahan. 

Berikut dibawah ini akan quezzen uraikan secara rinci Bagaimana mengatasi konflik dengan pasangan. Simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Tenangkan diri dan kendalikan emosi 

Hal yang pertama bisa kita lakukan untuk mengatasi konflik dengan pasangan adalah dengan menenangkan diri terlebih dahulu dan mengendalikan emosi. Apabila diri kita sudah tenang dan emosi kita telah menurun, maka segera ajak bicara pasangan anda. Hindari berbicara dan memutuskan hal ketika sedang emosi agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. 

2. Segera komunikasikan dengan baik dan memberikan beberapa penjelasan 

Salah-satu pemicu adanya masalah dalam hubungan dengan pasangan adalah karena adanya kesalahpahaman. Jadi apabila Tengah terjadi masalah dengan pasangan, maka segeralah komunikasikan dengan memberikan penjelasan yang memang menyatakan bahwa segala masalah tersebut dapat cepat diselesaikan dan bahkan hanya merupakan kesalahpahaman.  

3. Lakukan Physical Touch 

Satu hal yang pasti dapat meredakan masalah dengan pasangan adalah dengan pelukan. Dalam hubungan pernikahan, Physical Touch sangat penting dan bisa dikatakan sebagai cara yang ampuh untuk meredakan amarah yang tengah membara. Jadi apabila Tengah mengalami pertikaian dan konflik dengan pasangan, ada baiknya untuk memeluk atau saling berpelukan untuk meredakan emosi masing-masing. Kemudian ingat bahwa setiap masalah tentu ada solusinya dan bisa diselesaikan secara bersama-sama. 

4. Selalu ingat untuk tidak berpisah 

Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik dengan pasangan adalah dengan selalu ingat untuk tidak berpisah. Hubungan atau suatu komitmen yang sudah terjalin lama tentu bukan hal yang mudah. Dengan demikian jangan sampai masalah kecil bisa merusak atau bahkan bisa membuat hubungan tersebut bubar. 

5. Ingat bahwa tidak ada orang yang sempurna 

Hal yang harus ditekankan ketika kita memiliki masalah dengan pasangan adalah Mengingat bahwa tidak ada orang yang sempurna. Menjalin hubungan dengan orang baru tentu akan merasa indah, akan tetapi untuk waktu yang sangat lama tentu bukan menjamin kalau hubungan dengan orang baru tersebut tidak akan mendapatkan masalah. Jadi lebih baik untuk menjaga hubungan dengan memahami bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing serta tak mudah untuk memulai hubungan baru dari nol. 

Pada dasarnya setiap hubungan tentu akan diterpa masalah, akan tetapi putus dan terus-nya tergantung bagaimana dan keputusan bersama. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top