Kenapa Para Ulama Mendahulukan Mempelajari Adab? - Quezzen

Jumat, 20 Mei 2022

Kenapa Para Ulama Mendahulukan Mempelajari Adab?

Pernahkah kalian mendengar istilah adab lebih tinggi daripada ilmu? Ya ternyata memang para ulama juga mereka mendahulukan mempelajari bagaimana beradab sebelum kemudian mempelajari ilmu. Lalu pertanyaannya kenapa para ulama mendahulukan mempelajari adab?

Saat ini memang banyak sekali orang yang pintar menguasai berbagai ilmu, tapi sayangnya minim sekali adab. Hal itulah yang mungkin di khawatirkan oleh para ulama sehingga kemudian mereka menyarankan agar para muridnya belajar adab terlebih dahulu.

Kenapa Para Ulama Mendahulukan Mempelajari Adab?

Hadis yang Menyatakan Pentingnya Adab Sebelum Ilmu

Ada beberapa hadis sebetulnya yang mengungkapkan pentingnya adab sebelum mempelajari ilmu. Salah satu hadis tersebut adalah hadis Imam Darul Hijrah, Imam Malik rahimahullah.

“Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

Itu adalah salah satu hadis yang menyebutkan tentang pentingnya adab untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum mempelajari ilmu.

Alasan Para Ulama Mendahulukan Mempelajari Adab

Berdasarkan beberapa penuturan dan informasi yang didapatkan quezzen, ternyata ada beberapa faktor alasan yang menyebabkan Kenapa para ulama mendahulukan mempelajari adab. Ternyata memang ada berbagai keuntungan dan manfaat seperti berikut:

1. Agar mudah memahami

Salah satu manfaat dari adab sebelum mempelajari ilmu adalah agar ilmu yang dipelajari mudah untuk dipahami. Mereka yang sulit mempelajari ilmu tertentu karena mungkin mereka tidak mempelajari adab terlebih dahulu.

2. Agar ilmu bertahan lama

Biasanya seseorang yang mempelajari ilmu tanpa adab terhadap gurunya, dia akan sulit untuk belajar dan mengingatnya. Atau bahkan kalaupun diingat, apakah kemudian akan gampang lupa.

2. Agar ilmu berkah

Kemudian keuntungan selanjutnya mempelajari adab sebelum ilmu adalah supaya ilmu yang dipelajari menjadi salah satu keberkahan. Keberkahan itulah yang sebetulnya sangat penting di dalam mempelajari ilmu.

Jadi setidaknya itulah beberapa alasan kenapa para ulama mendahulukan mempelajari adab. Tidak heran juga jika di pesantren biasanya para santri sangat segan dan hormat terhadap guru-gurunya.

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top