Apa Hubungan Soekarno dan Nyi Roro Kidul? - Quezzen

Selasa, 12 April 2022

Apa Hubungan Soekarno dan Nyi Roro Kidul?

Banyak kemudian yang bertanya tentang apa hubungan soekarno dan nyi roro kidul. Pasalnya memang ada banyak sekali cerita dan mitos yang menjelaskan tentang hubungan antara keduanya. Dengan kata lain apa hubungan ir soekarno dengan nyi roro kidul sebetulnya.

Sebagaimana diketahui bahwa sosok presiden Soekarno memang merupakan sosok yang penuh dengan hal-hal yang ada di luar Nalar. Pasalnya memang dia sosok pemimpin yang sangat karismatik.

Kemudiannya juga nama Nyi Roro Kidul jadi salah satu mitos yang dipercaya oleh banyak masyarakat. Nyi Roro Kidul dianggap sebagai salah satu penjaga pantai Selatan yang memiliki kekuatan. Lalu ada hubungan apa ir soekarno dan nyi roro kidul?

Apa Hubungan Soekarno dan Nyi Roro Kidul?

Kedua tokoh tersebut kemudian jadi yang banyak diperbincangkan di masyarakat. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa ternyata ada hubungan spesial antara kedua sosok itu.

Soekarno Menyebut Nyi Roro Kidul Dalam Berbagai Acara

Fakta pertama berdasar beberapa penelusuran yang dilakukan, pernah diketahui bahwa presiden Soekarno menyebutkan beberapa kali Namanya Roro Kidul. Penyebutan tersebut dilakukan dalam berbagai acara tertentu diantaranya sebagai berikut:

  • Pidato di Istana Merdeka pada saat melantik R E Martadinata sebagai kepala staf Angkatan Laut pada 17 Juli 1959
  • Musyawarah Nasional maritim 23 September 1963

Mitos Pernikahan Gaib Soekarno dengan Nyi Roro Kidul

Selain menyebut dalam beberapa cara tertentu, ada juga beberapa mitos atau cerita yang menyebutkan adanya atau telah berlangsungnya pernikahan gaib antara Soekarno dan juga Nyi Roro Kidul.

Pernikahan tersebut disebutkan terjadi di wilayah citepus Sukabumi Jawa Barat. Hal itu sebagaimana dituturkan oleh warga sekitar yang melihat Soekarno sempat datang berkunjung ke kampung tersebut.

Kemudian pada tahun 1960 presiden mendirikan sebuah Istana Kepresidenan yang dibangun di bibir pantai citepus tersebut. Kemudian istana tersebut diberi nama pesanggrahan Tenjo resmi. Di sana juga ada sebuah hotel yang disebut sebagai salah satu gerbang ke kerajaan Sang Ratu Nyi Roro Kidul.

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat bahwa ternyata presiden Soekarno sering mengunjungi hotel tersebut dan sering pula tidur di kamar Hotel 308.

Terlepas Apakah itu benar atau tidak, tapi cerita tersebut memang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Jadi itulah hubungan Soekarno dan Nyi Roro Kidul berdasarkan beberapa cerita dari banyak sumber. 

Baca Juga

0 Comment:

Posting Komentar


Top